1 down, 2 to go

Posted: May 18, 2011 in News

Berhubungan dengan post sebelumnya, mungkin banyak yang kagum ada beberapa film baru yang tayang di 21, seperti Source Code, The New Daughter & Infestation. Nampaknya semua itu masih bagian dari Amero. Satu importir yang katanya sudah membayar hutangnya adalah Amero. Sebenarnya ini bukan hal yang mengejutkan karena sudah dicover di artikel yang dibuat Pak Anggra Waskito.  Tapi berhubung masih seputar kabar, belum bisa dipost. Sekarang nampaknya setelah Source Code keluar dan ada pernyataan serupa dari pihak Dirjen Pajak, maka saya post artikelnya di bawah ini:

By :Anggra Waskito | Thursday, May 5, 2011

Pendahuluan: Menurut berita di internet akhir bulan lalu, mantan Dirjen Bea Cukai (seterusnya BC) bilang 3 importir (tidak disebutkan namanya, saya duga: Amero Mitra (grup 21 no MPA) (seterusnya Amero), Camila Internusa (grup 21, MPA), dan Satrya Perkasa (grup 21, MPA)) lalai tidak membayar bea bla-bla-bla selama dua tahun sejak peraturan diterbitkan sebesar total untuk ketiganya Rp 30M, sehingga mereka kena denda/penalti 10x lipat (300M) dan harus dilunasi dalam 2 tahun.

Selama belum membayar, film yang sudah nyampe dari luar negeri di BC akan ditahan di gudang BC. Jika ingin mengajukan banding ke Pengadilan Pajak maka masing-masing harus membayar pokok terutang plus 50% penalti (berarti total 165M).

1 importir yang tidak disebut namanya (saya duga Amero) telah membayar pokok bea bla-bla-bla terutang. Karena dianggap memiliki itikad baik akan diberikan reward/kemudahan, tidak dijelaskan apa. Saya duga, film yang diimpor Amero akan diijinkan keluar dari gudang BC.

Good News:

Hari ini di website LSF, Amero telah mengajukan film dan trailer berikut untuk disensor:

BEASTLY

VANISHING ON 7TH STREET

BEAVER (mel gibson)

BEAT THE WORLD

THE LEDGE

ARTHUR 3 (seri kartun Luc Besson)

LARRY CROWNE (tom hanks, julia roberts)

SOMETHING BORROWED

SOURCE CODE

Semoga cepat lulus sensor, cepat diputer di 21 dan XXI (won’t show at Blitz), dapet pemasukan yang memadai buat nyicil penalti yang 100M…

Semoga juga besok ada film2 baru lagi yang didaftarkan. LIMITLESS dan SCREAM 4 belum diproses/suspend kayaknya di LSF sehingga belum bisa diputar di 21/XXI, kita cuma bisa ngeliat trailer dan posternya.

Epilog:

Jujur, dalam beberapa minggu terakhir, saya agak ngeri karena dalam catatan saya stok film Amero sudah tinggal hitungan belasan judul saja. 21/XXI kayaknya berusaha sekuat tenaga untuk “membebaskan” Amero lebih dulu dibanding 2 sister company-nya dari “penjara” BC biar roda 21/XXI bisa muter lagi. Bayangkan kalau 2 bulan lagi Amero belum bebas dan stok film mereka sudah habis, XXI/21 mau muter film Indonesia saja? Bisa bertahan berapa lama?

Yang saya bingung, kok Parkit/Multivision seperti tidak memanfaatkan situasi ini dengan membanjiri XXI/21 dengan film-film non MPA yang mereka impor? Setelah saya cek, belasan film yang di-inden Parkit dari produsen di Amrik kebanyakan masih dalam proses produksi, baru akan beredar pertengahan s.d akhir 2011 ini (Singularity, Son of No One, Conan The Barbarian dll). Entah kenapa film-film mereka yang rilisan 2009-2010 (Killer Inside Me, The Hessen Affair/Conspiracy dll) kok tidak cepat-cepat diedarkan. Juga film-film yang sudah dirilis di tahun 2011, Trust dan Elephant White kok tidak cepat dimunculkan di XXI/21? Kurang lincah nih burung Parkit:)

Untuk The Lost Bladesman saya tidak tahu yang mengimpor Teguh Bhakti atau Amero. Kita tunggu saja pemunculan filmnya, bosen ah ngeliat posternya…

Di website Blitz coming soon-nya ada Sanctum (2011). Belum ada info siapa improtirnya, kalau Jive berarti hanya akan diputar di Blitz.

Belum jelas kapan 2 importir MPA bisa ikut jejak Amero. Nggak tau 21/XXI bisa dapet duit dari mana, kebijakan MPA juga apa belum ada kabar. MPA kayaknya tidak mungkin ganti “kendaraan operasional” di Indonesia tanpa bayar ke BC lebih dulu. Kalau film-film non MPA, mungkin bakal ada pemain lokal/importir baru yang masuk dan main. Tapi untuk MPA masih belum kebayang re-entry strategy-nya gimana selain MPA memaksa XXI/21 bayar bea bla-bla-bla dan penalti-nya karena dianggap kesalahan 2 mitra MPA di Indonesia. Atau mau dibayar pake saham atau aset 21/XXI?

Kayaknya kita mesti ikhlas kalau kemungkinan nonton film summer rilisan MPA sangat kecil. Siap-siap saja nonton film MPA ini di VCD/DVD ori: Fast Five, Thor, Cowboys and Aliens, Kungfu Panda 2, Pirates 4, Cars 2, Green Lantern, Super 8, Transformers 3, Cowboys and Aliens, X-Men 4, Harry Potter 7B…

Semoga dalam 1-3 bulan ke depan MPA sudah bisa masuk lagi, bagaimana pun caranya:) Kalau Twi-Hard sih aman-aman saja, karena seri Twilight adalah film non MPA yang biasanya diimpor oleh Amero…

The original article can be found here : http://www.facebook.com/#!/notes/anggra-waskito/good-news-soal-film-impor-tapi-belum-100/2008202492589

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s